Pelatihan SDM Perusahaan, Pengembangan SDM Karyawan, Training SDM Efektif, Perencanaan SDM

Pelatihan dan Pengembangan SDM

Di pelatihan SDM dan pengembangan SDM, saya sering mengingatkan peserta.

Apapun posisi dan profesi kita, tak bisa lepas dari bahaya stress.

Salah satu petinggi Polri, Anton Charliyan, mengakui bahwa banyak anggotanya yang stress.


"Di satu penelitian, polisi lalu lintas dan anggota reserse, hasilnya mencengangkan, 80 persen mereka mengalami stress karena beban tugas," kata Anton.

Menurutnya, tekanan pekerjaan yang cukup berat, ditambah urusan pribadi menjadi faktor dominan yang menyebabkan anggotanya stress.

Sekali lagi, ini sebenarnya terjadi di semua bidang. Bukan di kepolisian saja. Sebagai motivator, sudah menjadi tugas saya untuk mengingatkan.



Fakta lain, orang miskin yang stress lebih cepat meninggal ketimbang orang kaya yang stress. "Efek kemiskinan ditambah stress ibarat bom," kata Antonio Ivan Lazzarino, peneliti dari University College London, Inggris.

Profesor Glyn Lewis, pakar epidemiologi psikiatri di Universitas Bristol di Inggris, tidak terkejut dengan temuan tersebut. Terus, gimana solusinya?

Saran saya, harus dicari tahu dulu akar permasalahannya. Jalan-jalan dan liburan hanya bisa memberi kesenangan sesaat. Solusi sejati tidak bisa terhadirkan dari aktivitas-aktivitas sedemikian.

Saran berikutnya, minta masukan dari pasangan dan mentor. Ya, dari orang-orang dekat yang mengenal kita. Sepertinya mereka memiliki pandangan yang lebih jernih terhadap permasalahan kita. Juga lebih jujur.

Terakhir, bawalah setiap masalah dalam doa dan ibadah. Karena kita semua tahu, hanya DIA yang menggenggam segala solusi. Hanya DIA pula yang bisa menentramkan setiap hati.

Dengan begitu, mudah-mudahan kita, tim kita, dan keluarga kita terbebas dari stress. Setidaknya, berkurang kadar stress-nya. Sekian dari saya, Ippho Santosa.




Ippho Santosa adalah segelintir motivator Indonesia yang telah berseminar di belasan negara di 4 benua. Berbagai kementerian dan BUMN sering mengundangnya. Untuk mengundangnya dalam pelatihan SDM perusahaan atau in-house training, SMS 0812-704-9090.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar