Pelatihan SDM Perusahaan, Pengembangan SDM Karyawan, Training SDM Efektif, Perencanaan SDM

Di Pelatihan Motivasi SDM, Ippho Santosa Ajak Karyawan Untuk Berprestasi

Dalam pelatihan motivasi atau pelatihan SDM, saya sering berseru, "Motivasi yang kuat dan persiapan yang tepat akan melahirkan prestasi yang dahsyat." Tak percaya? Simak saja kisah berikut.


training-motivasi-training-korporat-pelatihan-SDM-perusahaan-ippho-santosa

Sewaktu berusia 18 tahun, Miss C sudah menoreh sederet prestasi di Kanada. Obsesinya, ingin menjadi penyanyi kelas dunia. Hal ini diketahui oleh manajernya. Tapi, walau bagaimanapun hebatnya ia menarik suara, manajernya paham betul bahwa ia masih menyandang setumpuk kekurangan, terutama ketidakmampuannya berbahasa Inggris. Maka, mulai saat itu, batang hidungnya tidak pernah lagi kelihatan di depan publik. Oleh manajernya, ia dipaksa mengikuti kursus bahasa Inggris di Ecole Berlitz School, sembari mengasah skill berbicara di muka umum.


Training-Korporat-Training-Motivasi-Ippho-Santosa-Pelatihan-SDM

Serupa dengan Miss A yang berasal dari Indonesia. Sewaktu merantau ke Perancis, sebagai penyanyi ia terbentur satu masalah besar. Kebanyakan demo yang ia serahkan ke perusahaan rekaman langsung dicampakkan hanya karena demonya berbahasa Inggris. Menurut perusahaan rekaman, album berbahasa Inggris tidak pernah laku di pasar Perancis. Maka tanpa membuang-buang waktu, ia pun coba menguasai bahasa Prancis, dengan belajar di Alliance Français Paris selama beberapa tahun.

Ternyata, tetesan keringat Miss C dan Miss A tidaklah sia-sia. Pada tahun 2004, dengan total penjualan album mencapai angka 175 juta keping, Miss C menjadi salah satu pengolah vokal terkaya di dunia. Sementara itu, Miss A menjadi penembang Indonesia tersukses di tingkat internasional. Miss C itu adalah Céline Dion dan Miss A itu adalah Anggun C. Sasmi. Apa persamaan keduanya? Mereka memperkuat dulu aspek internal, sebelum aspek eksternal.

Secara umum, aktivitas perusahaan dibedakan menjadi dua, internal dan eksternal. Di mana SDM, administrasi, keuangan, purchasing, dan produksi dikategorikan sebagai fungsi internal, yang sangat mengandalkan efficiency. Sedangkan pemasaran, distribusi, dan business development dikategorikan sebagai fungsi eksternal, yang sangat mengandalkan effectiveness. 

pelatihan-sdm-perusahaan-training-pelatihan-sdm-pengembangan-sdm

Yah, walaupun berdasarkan pengalaman saya, sebenarnya bidang-bidang tadi tidak bisa dikotak-kotakkan sesederhana itu. Saling terkait semuanya. Terus, di mana marketing? Ya, tepat sekali! Marketing –yang sering dihubungkan dengan pengembangan bisnis– dianggap sebagai fungsi yang bersifat eksternal.

training-motivasi-training-korporat-pelatihan-SDM-perusahaan-ippho-santosa

Nah, satu aturan yang ingin saya kemukakan di sini adalah, “Jangan aktifkan pemasaran serta fungsi-fungsi eksternal yang terkait, sebelum fungsi-fungsi internal beres.” Tidak jadi soal, apakah bisnis Anda masih kecil atau sudah besar. Bagi saya, bisnis tidak ubahnya seperti helikopter. Anda pernah naik helikopter? Yang jelas, begini ceritanya. Sebelum helikopter mengudara, Anda kudu memeriksa mesinnya terlebih dahulu. Kalau tidak? Anda bisa celaka! Seterusnya, begitu lepas landas, Anda juga harus mampu mengendalikannya. Kalau tidak? Yah, Anda tahu sendiri jawabannya. Setuju?





Untuk mengundang Ippho Santosa sebagai motivator dalam pelatihan SDM perusahaan, silakan SMS 0812-704-9090. Klik www.ippho.com 






...

7 komentar:

  1. tksh mas ippho manfaat banget

    BalasHapus
  2. Mksih mas ipphoo.....kapan seminar di kediri...?? kediri menantimu mas...

    BalasHapus
  3. mantabbb...

    http://prntscr.com/7qjadp

    Salam Sukses Selalu Mas Ippho...

    Salam dari Tim Kampus Bisnis Umar Usman
    Kuliah Setahun Jadi Pengusaha


    Fb.com/Ichwan.Ziyad
    Digital Marketing Kampus Umar Usman
    whatsApp +62.896.2034.1987
    Pin 557EF845

    Blogg : sosialmediaterkini.blogspot.com

    BalasHapus